6 Aplikasi Android Disusupi Malware, Cek HP Anda Sekarang !

Kamis, 03 September 2020 : 22.58
Baca Juga

Dilansir dari  hasil penelitian Pradeo salah satu peneliti keamanan siber saat ini ditemukan ada 6 aplikasi Android yang ternyata sudah diterinfeksi oleh malware Joker.

Malware yang termasuk ke dalam kategori sebagai Fleeceware bernama Joker yang  bekerja dengan menggunakan kode-kode minimal sehingga agak sulit untuk dideteksi. Malware joker varian baru berhasil ditemukan pada beberapa aplikasi di Google Play oleh lembaga keamanan siber Chek Point pada bulan Juli 2020, varian baru dari malware tersebut bernama Joker Dropper serta spyware 
Premium Dialer.
6 Aplikasi Android Disusupi Malware, Cek HP Anda Sekarang !
sumber ilustrasi gambar:pixabay
                                                                                   

Malware Joker ini menysusupi aplikasi-aplikasi tersebut untuk menyimulasikan klik dan beberapa gangguan SMS sehingga tanpa sepengetahuan dan seijin para penggunanya diarahkan untuk berlangganan layanan yang tidak diinginkannya atau berlangganan konten-konten tertentu.

Dan 6 aplikasi yang sudah terpapar malware tersebut lebih parahnya justru telah digunakan oleh sekitar 2 juta pengguna atau telah  diunduh sebanyak 2 juta kali.

Walaupun keberadan aplikasi tersebut sudah dihapus keberadaannya oleh pihak google dari Google Play namun banyak yang masih terpasang diponsel para penggunanya.

Ke-enam aplikasi android yang sudah terinfeksi alware tersebut diantaranya yaitu , Sparate Doc Scanner, Fingertip GameBox, Convenient Scanner 2, Texting & SMS, Emoji Wallpaper dan Safety AppLock.

Pihak Google selalu giat memantau aplikasi-aplikasi yang sudah terpapar malware Joker, setidaknya sejak tahun 2017 sudah menghapus sekitar 1.700 aplikasi yang sudah disusupi malware Joker dari Play Store tersebut.

Lembaga peneliti keamanan ciber Pradeo menyarankan untuk segara menghapus keenam aplikasi tersebut dari perangkat ponsel android ,agar terhindar dari aktivitas penipuan.

Share Articles

Saat ini 0 Comments :