Pengecasan Seperti Ini, Bikin Baterai Ponsel Berumur Panjang

Selasa, 01 September 2020 : 03.18
Baca Juga

Jika baterai ponsel Anda ingin awet atau berumur panjang maka sebaiknya Anda menerapkan cara ini pada saat pengecasan baterai ponsel kesayangan Anda. Perilaku ini berlaku untuk semua jenis baterai hp atau Smartphone seperti baterai hp xiaomi, baterai hp advan, baterai hp samsung,baterai hp oppo,atau pun baterai hp asus. Terlebih jika perilaku cas baterai seperti ini diterapkan pada hp baru agar baterai hp awet.

Baru-baru ini lembaga pengembang baterai merilis hasil penelitannya pada baterai jenis Li-Ion atau Lithium Ion yang banyak digunakan sebagai catu daya atau sumber kelistrikan pada kabanyakan ponsel di dunia dewasa ini.
Pengecasan Seperti Ini,  Bikin Baterai Ponsel Berumur Panjang
Dari hasil penelitian Baterai University ternyata baterai ponsel juga bisa mengalami stress seperti halnya manusia. Maka beberapa perlakuan terlebih pada saat Anda mengecas baterai ini dapat menentukan masa pakai atau umur baterai ponsel.

Berikut ini adalah beberapa tips dari Battery University ,agar baterai ponsel Anda berumur panjang atau awet.

Mari kita simak ulasanya berikut ini :

1.   Hindari Pengecasan Hingga Full
Hal yang sering kita lakukan saat ini yaitu sering mengisi daya baterai ponsel kita hingga full di 100%. Padahal menurut penelitian mereka bahwa mengisi daya baterai jenis Li-Ion atau Lithium Ion hingga mentok 100 persen ini dapat mengakibatkan baterai ponsel mengalami stress.

Hal ini disebabkan adanya voltase yang berlebihan  sehingga baterai cepat rusak, maka sebaiknya mengecas baterai HP cukup diangka 95 % saja.

2.   Mencopot Cassan Saat Daya Baterai Penuh
Salah satu kebiasaan buruk adalah membiarkan baterai ponsel dalam jangka waktu lama, padahal daya baterai sudah terisi penuh dapat mengakibatkan mengurangi konsetrasi zat kimia yang ada di dalam baterai. Hal ini dapat menyumbang masalah hingga baterai ponsel Anda cepat rusak.

3.   Kondisi Baterai Ponsel Harus Tetap Dingin
Kondisi panas merupakan musuh utama dari baterai sebuah ponsel. Untuk itu bila memungkinkan lepaslah bila ponsel anda memiliki casing tamabahan saat pengecasan ponsel lebih dari itu jangan pernah menyimpan HP pada terpaan panas langsung dari sinar mata hari.

Nah, perilaku menggunakan ponsel pada saat ponsel dicharge ini yang dapat menjadikan ponsel mengalami overheat dan berpengaruh langsung terhadap baterai smartphone.

4.   Sering Cas Ponsel Lebih Baik
Hal berikutnya menurut penelitian Battery University agar baterai HP berumur panjang adalah menjadi daya yang tersisa dibaterai ponsel jangan sampai 0 persen, direkomedasikan untuk mengcas baterai ponsel pada saat kehilangan daya 10 persen saja.

Jadi perilaku sering mencharge ponsel lebih baik dari pada menunggu baterai ponsel hingga habis daya dan mencasnya hingga mentok 100 persen
Nah, itulah beberapa tips dari Battery University agar baterai ponsel kesayangan Anda dapat berumur panjang.

Share Articles

Saat ini 0 Comments :